Panganpedia – Konsumen Australia sudah mendapat aturan baru dari Pemerintah Australia mengenai label pada produk pangan sejak 1 Juli. Dalam perubahan aturan label ini, konsumen mendapat informasi yang lebih tentang asal bahan pangan berasal dan tempat produk diproduksi. Efeknya, detail sumber pangan ini akan sangat menguntungkan konsumen untuk mendapat lebih banyak informasi.

Apa saja klaim label pangan yang wajib ditambahkan pada produk pangan di Australia? Label pangan di negara kanguru tersebut dibagi menjadi 4 kategori:

label-pangan
Contoh label pangan baru di Australia

Grown in Australia

Label ini berisi klaim tentang dimana bahan-bahan produk pangan berasal, dan dimana proses produksi dilakukan. Label pangan ini utamanya berlaku pada pangan segar, misalnya buah, sayuran, dan daging. Produk pangan dapat mengklaim label ini jika mereka benar-benar diproduksi lokal.

Diproduksi di Australia

Klaim label ini berisi tentang dimana bahan-bahan berasal dan dimana proses produksi dilaksanakan. Label “produced in Australia” umumnya digunakan pada pangan olahan. Contoh dari pangan olahan adalah salah satu produk susu populer Australia, yaitu susu Almond. Susu almond dibuat tidak hanya dari tanaman saja, tetapi juga mengandung beberapa bahan lain, misalnya air dan Bahan Tambahan Pangan lain. Produk pangan dapat mengklaim label ini jika mereka diproduksi secara lokal.

Made in Australia

Klaim label pangan ini terkait dengan proses manufaktur (produksi) dalam pembuatan produk. Bahan bakunya tidak perlu harus dari Australia, tetapi proses produksinya dilakukan di Australia. Contohnya adalah mengimpor apel dari luar Australia, dan dikombinasikan dengan bahan pangan lain untuk memproduksi apple pie. Sebuah bar chart juga perlu ditampilkan untuk mengetahui berapa persen bahan-bahan yang berasal dari Australia.

Packed in Australia

Klaim label ini digunakan untuk produk pangan yang tidak ditumbuhkan dan tidak diproduksi di Australia, misalnya produk impor. Label ini juga dilengkapi dengan bar chart yang menampilkan berapa persen bahan baku yang bersumber dari Australia.

 

Kepedulian Australia tentang mengkonsumsi bahan-bahan lokal, dimulai dari mengubah aturan label pangan, agaknya membuktikan bahwa Pemerintah Australia mulai serius meningkatkan awareness tentang ketahanan pangan di negara mereka. Bagaimana dengan negara kita, apakah kita siap memberlakukan aturan jika hal ini diadopsi di Indonesia?

Penasaran dengan label aslinya? Anda bisa melihatnya disini.

 

Sumber:

The Guardian

 

 

 

 

Leave a Reply