Darimana Kandungan Merkuri pada Ikan Laut Berasal?

0
145
merkuri-pada-ikan-tuna

Panganpedia – Ibu hamil perlu membatasi konsumsi ikan laut, terutama karena kandungan metil merkuri di dalamnya. Di belahan dunia lain, ada banyak kasus keracunan senyawa merkuri akibat makan ikan. Sebenarnya, darimana merkuri pada ikan laut ini berasal? Penelitian yang baru saja diterbitkan dalam jurnal ACS Environmental Science & Technology ini dapat membantu menjelaskan mengapa konsentrasi metilmerkuri dalam tuna bervariasi secara geografis – sekaligus menjawab juga asal senyawa metil merkuri dalam tubuh ikan.

Asal Senyawa Merkuri dari Ikan Laut

Senyawa merkuri dari ikan laut berasal dari sumber-sumber alami seperti gunung berapi, dan sumber-sumber berbasis kegiatan manusia, misalnya pembakaran bahan bakar fosil dan penambangan emas. Beberapa senyawa ini mengendap di lautan, dan alam akan mengubahnya menjadi metil merkuri. Zat ini kemudian ‘pindah’ ke hewan-hewan laut, termasuk misalnya ikan, yang kadangkala mengandung jumlah berlebih sehingga berbahaya bagi manusia. Dalam penelitian tersebut, David Point et al. memetakan tingkat metilmerkuri dalam tuna terhadap variasi daerah geografis, juga menyelidiki faktor biologis, lingkungan, dan ekologis yang mendorong perbedaan kadar senyawa dalam tubuh ikan.

Para ilmuwan tersebut meneliti bigeye tuna, yellowfin tuna, dan tuna albacore yang ditangkap di wilayah Samudra Pasifik Barat dan Tengah. Berikut adalah beberapa temuan mereka.

Berbagai samudera di dunia. Samudera Pasifik Barat menjangkau wilayah Asia dan Australia, sedangkan Pasifik Tengah menjangkau kepulauan Polinesia.
  1. Para peneliti menemukan bahwa kadar metilmerkuri pada tuna di daerah Samudra Pasifik Barat dan Tengah tergolong aman untuk sebagian besar sampel.
  2. Ukuran tubuh ikan adalah faktor utama penentu kontaminasi dalam suatu spesies. Ikan yang lebih besar mengumpulkan konsentrasi metilmerkuri yang lebih tinggi dalam jaringan mereka daripada ikan yang lebih kecil.
  3. Suhu permukaan laut dan kedalaman lapisan laut lokasi pakan tuna juga mempengaruhi kadar merkuri dalam ikan laut.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa hasil publikasi ini dapat membantu mempertimbangkan risiko dan manfaat dari makan tuna yang ditangkap di lokasi tertentu, atau mengkonsumsi tuna dengan ukuran berbeda.

Patrick Houssard et al. A Model of Mercury Distribution in Tuna from the Western and Central Pacific Ocean: Influence of Physiology, Ecology and Environmental Factors. Environmental Science & Technology, 2019 DOI: 10.1021/acs.est.8b06058

Leave a Reply