Mengenal Lebih Dekat Teh Afrika, Penurun Gula Darah

1
490
Teh afrika

Panganpedia – Kita sudah familiar dengan beragam jenis teh. Mulai teh yang lazim kita konsumsi berasal dari daun, pucuk daun atau tangkai yang dikeringkan dari tanaman Camelia sinensis. Baik itu teh hitam ataupun teh hijau. (Apa saja manfaat teh? Anda bisa membacanya disini).

Istilah “teh” juga berlaku untuk hasil seduhan dari buah, rempah atau tanaman obat lain. Hasil seduhan yang tidak mengandung daun teh dikenal dengan nama teh herbal. Belum banyak yang mengetahui teh yang satu ini, teh afrika. Teh afrika sangat cocok untuk dikonsumsi untuk penderita diabetes, kardiovaskuler (CHD) maupun kolesterol.
Seperti namanya asingnya, bitter leaf, daun dari Vernonia amygdalina ini berasa pahit. Namun dari negara asalnya, Afrika, daun ini sering diadikan kudapan maupun sup.

bitter-leaf-teh-afrika
Tanaman teh afrika atau bitter leaf

Kenapa cocok untuk penderita diabetes dan kolesterol ?

Ternyata di dalam teh afrika atau yang lebih dikenal dengan bitter leaf dengan nama latin Vernonia amygdalina ini terdapat senyawa flavonoid, alkaloid, kalsium dan saponin yang tinggi (Owen et al., 2011; Imaga dan Bamigbetan, 2013). Senyawa flavonoid inilah yang mempunyai pengaruh hipoglikemik yang terlihat dari penurunan nilai glucose reduction-nya.

Selain dapat menurunkan gula darah secara drastis, tumbuhan afrika ini juga dapat memperbaiki pankreas.
Bagi penderita hiperkolesterol, dengan treatment daun yang dikenal dengan nama Nan fei shu ini, serum total kolesterol lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengkonsumsi bitter leaf. Kabar baiknya lagi, daun ini juga dapat menurunkan konsentrasi kolesterol dan trigliserol serta menaikkan HDL. Selain itu, teh afrika juga aman untuk hati dan ginjal.

Baca juga: Jangan Minum Teh Setelah Makan Sayur, Ini Kata Peneliti

Sebagai antibakteri juga lhoo…

Studi yang dilakukan Kigigha dan Onyema menunjukkan bahwa bitter leaf sebagai antibakteri yang dilihat dari penghambatan pada E. coli dan Staphylococcus aureus. Sehingga teh ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Hanya saja, penelitian mengenai teh afrika di Indonesia masih sangat jarang dilakukan.

Cara merasakan kenikmatan teh afrika ternyata tidak sulit. Anda dapat membuat tehnya dengan menyeduh 3-5 lembar daun keringnya dengan air panas.

Jadi, kapan anda merencanakan mencicipi teh afrika ?

1 COMMENT

Leave a Reply