Jauhi Makanan yang Disajikan dengan Nitrogen Cair, Ini Kata FDA

0
35
nitrogen-cair

Panganpedia – Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA, red.) memperingatkan konsumen dan retail tentang potensi luka serius akibat mengkonsumsi atau menyiapkan makanan yang disajikan dengan menambahkan nitrogen cair.

Berbagai produk inovasi pangan dengan bantuan nitrogen cair marak disajikan untuk menarik minat pembeli di AS, dimana produk-produk ini umumnya memamerkan hembusan nafas bak naga, dan biasa disebut “Dragon’s Breath”, “Heaven Breath”, “Nitro Puff”, dan nama-nama lain yang sejenis.

Nitrogen cair, walaupun tidak beracun, tetapi dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada kulit dan organ-organ dalam jika tidak digunakan dengan tepat. Nitrogen cair ini juga akan berbahaya jika tidak sengaja tertelan, karena suhunya yang sangat rendah. Pada tekanan atmosfer, nitrogen cair mendidih pada suhu ekstrim, yaitu -196oC. Kontak nitrogen dengan jaringan hidup dapat menyebabkan radang dingin (frosbite).

Hal ini dilakukan FDA setelah mereka menemukan banyak kasus akibat nitrogen cair yang masih ada pada makanan atau minuman, sehingga merusak kulit atau organ dalam. Beberapa orang juga melaporkan gejala seperti susah bernapas akibat menghirup uap yang dikeluarkan nitrogen cair ketika disajikan sesaat sebelum dikonsumsi. Ironisnya, beberapa kecelakaan juga terjadi walaupun nitrogen cair yang disajikan sudah terlihat benar-benar menguap dari udara.

FDA menghimbau para retailer makanan yang memakai nitrogen cair untuk lebih dahulu menunggu sampai zat tersebut menguap sempurna sebelum sampai ke konsumen dan tidak lagi berada pada suhu yang sangat tendah agar terhindar dari kecelakaan.

Mau tahu seperti apa produk yang dimaksud? Nonton video di bawah ini:

 

Sumber: IFT

 

Leave a Reply