Rahasia Dibalik Wagyu, Daging Sapi Jepang yang Menggiurkan

0
705
Daging wagyu berstempel

panganpedia – Jika Anda berkunjung ke Jepang, maka salah satu makanan favorit yang harus ada coba adalah olahan daging Wagyū ini. Daging wagyu ini sebenarnya banyak ditemui di Jepang, tetapi yang menjadi favorit adalah daging wagyu yang berasal dari daerah Kobe di Prefektur Hyogo, terutama dari Tajima, yaitu strain Japanese Black (Kuroge Washu)

Wagyū (和牛), dalam bahasa Indonesia berarti  sapi Jepang. Berasal dari huruf wa (和) yang berarti kedamaian tetapi menjadi simbol Jepang dan gyuu (牛) yang berarti sapi. Sehingga secara literatur wagyu adalah sapi Jepang.

Apa yang membuat daging wagyu ini begitu terkenal? Mitos mengatakan bahwa daging wagyu diperoleh dari sapi yang diberi pakan berupa bir atau sake dan diberi pijatan oleh peternak. Sehingga dikatakan daging menjadi lebih beroma, tender, dan memberikan perasaan melt-in-your-mouth ketika daging wagyu dikonsumsi.

Mitos tersebut ternyata salah. Daging wagyu yang kaya aroma, citarasa, empuk, dan marbling yang tinggi ini karena strain sapi  khusus seperti Japanese Black dan dirawat dengan baik di peternakan. Sehingga daging wagyu mengandung lemak tak jenuh, yaitu kandungan Omega-3 dan Omega-6 yang lebih banyak daripada sapi biasa, Nah, asam lemak tak jenuh pada daging sapi, ternyata berpengaruh pada palatabilitas daging sapi. Artinya, semakin tinggi asam lemak tak jenuh, maka semakin enak, juicy, dan empuk daging sapi tersebut. Pun akan mampu meningkatkan nilai marbling pada daging wagyu.

Marbling adalah satu indikator penting dari pengalaman makan daging, yang berhubungan dengan keempukan dan rasa pada daging. Marbling dapat dideteksi dengan cara melihat jaringan intermuskular lemak yang berwarna putih, diantara jaringan fiber otot berwarna pink. Sehingga ketika dimasak, lemak tersebut akan menjaga kualitas buttery yang menjadikan daging akan lumer di mulut, bahkan bisa dimakan dengan sendok. Daging wagyu itu sendiri memiliki nilai marbling yang lebih tinggi dibandingkan daging-daging lain.

Perbandingan daging amerika, australia, dan wagyu
Perbandingan daging amerika, australia, dan wagyu

Bagaimana cara menemukan daging wagyu yang asli ketika di Jepang? Cara paling gampang adalah dengan berkunjung ke restoran terkenal di Kobe yang menyediakan daging wagyu. Selain itu, dapat pula dengan melihat simbol yang ada pada daging tersebut. Daging wagyu yang dijual terdapat gambar chrysanthemum dengan 12 kelopak serta terdapat tulisan jepang  神戸肉 yang berarti ‘daging Kobe‘. Tentu saja, daging wagyu akan terasa sangat nikmat, melt-in-mouth ketika dimakan.

nogijiku wagyu
Stempel wagyu asli

Anda tertarik dengan daging wagyu ini? Jadi kapan kita ke Jepang dan makan daging wagyu?

Leave a Reply