Tanya Jawab Seputar Antioksidan dalam Makanan

0
304
antioksidan-dalam-makanan

Konsumen makin pintar, produsen juga makin cerdas. Seiring dengan concernnya masyarakat soal pangan sehat. kini produsen pangan juga berlomba-lomba memberikan label informasi sehat pada makanan yang diproduksinya. Beberapa makanan bahkan diklaim punya kandungan antioksidan yang tinggi.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan antioksidan? Kesini dulu yuk, kita bahas bareng Panganpedia!

Apakah yang dimaksud dengan antioksidan?

Antioksidan adalah senyawa alami dalam bahan pangan yang membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas terbentuk secara alami dalam tubuh kita dan menyerang lemak, protein, serta DNA dalam sel sehingga menyebabkan berbagai penyakit serta mempercepat proses penuaan.

Sumber makanan apa yang paling banyak mengandung antioksidan?

Sumber antioksidan terbaik adalah dari buah dan sayuran. Beberapa contohnya adalah apel, brokoli, kubis, bayam, terong, dan kacang-kacangan, misalnya kacang merah. Antioksidan juga terdapat dalam teh hitam, teh hijau, dan coklat. Umumnya, warna bahan pangan akan menunjukkan jenis antioksidan tertentu di dalamnya. Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran dengan warna yang beragam, maka makin beragam pula jenis antioksidan yang masuk ke tubuh.

Apakah mempengaruhi jika kita memakan produk mentah atau yang telah dimasak?

Metode dan suhu pemasakan sangat mempengaruhi peningkatan atau penurunan antioksidan. Tapi yang paling penting, konsumsilah makanan yang kaya antioksidan.

Lebih baik mana, antioksidan yang sengaja ditambahkan pada produk pangan atau antioksidan alami?

Tidak ada perbedaan signifikan antara antioksidan yang dimasukkan secara sengaja dengan antioksidan yang ada secara alami dalam bahan pangan. Pun juga tidak ada bukti yang mengatakan bahwa mengkonsumsi suplemen antioksidan lebih baik daripada mengkonsumsi makanan berantioksidan. Hanya saja, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi suplemen antioksidan mengingat resiko konsumsi antioksidan yang berlebihan. Dengan mengkonsumsi makanan, sangat kecil kemungkinan mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah berlebihan.

 

Sumber:

http://www.ift.org/knowledge-center/learn-about-food-science/food-facts/what-are-antioxidants.aspx

Leave a Reply