Kenapa Masakan Ibu Selalu Lebih Enak? 

0
387
Mengapa makanan ibu selalu lebih enak
credit: pixabay

Panganpedia  – Pernahkah anda mengalami ketika pergi ke sebuah restoran kemudian berpikir bahwa masakan restoran tersebut tidak lebih enak daripada masakan ibu? Jika ya, maka anda termasuk orang yang normal.

Sebuah survey yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu oleh Food Network UK, melaporkan bahwa pria lebih suka masakan ibu daripada masakan istri atau pacar mereka. Bahkan dalam survey tersebut juga ditemukan bahwa ternyata pria juga suka diam-diam menyelinap keluar tanpa memberitahu pasangannya, hanya sekedar untuk makan malam dengan Ibu mereka.

“Meskipun dewasa, pria masih sering mencari kenyamanan dan tradisi dalam memasak yang tejadi saat mereka tumbuh, sehingga membuat mereka merasa bahwa masakan ibulah yang benar-benar masakan”

Apa yang membuat banyak orang beranggapan bahwa masakan ibu selalu lebih enak?

Yang bertanggung jawab atas itu semua adalah Enzim. Enzim merupakan senyawa yang diproduksi makhluk hidup untuk mengubah suatu substrat menjadi produk yang dapat digunakan selanjutnya. Ketika kita mengunyah makanan, mulut akan memproduksi saliva (air liur), yang terdiri atas enzim yang akan memulai mencerna makanan. Salah satu enzim yang berperan adalah Amilase.

Amilase berperan memecah pati seperti yang terkandung di nasi, singkong, mie, kentang, menjadi gula. Sebenarnya, pati akan dipecah lebih lanjut di dalam perut. Tapi sebagai permulaan, untuk cita rasa, pati dipecah dulu sebagian di dalam mulut.  itulah sebabnya kenapa mengunyah nasi lebih lama akan membuatnya terasa manis dan kita akan menikmatinya.

Penyebab masakan ibu selalu lebih enak adalah level amilase yang sama. Click To Tweet

Tiap orang memproduksi jumlah amilase yang berbeda-beda dalam salivanya. Ini ditentukan oleh variasi copy number dari gen AMY1. variasi copy number Gen AMY1 ini akan berpengaruh terhadap level alpha-amilase, termasuk aktivitasnya,  yang ada dalam saliva. Dan jumlah alpha-amilase yang berbeda-beda akan memberikan persepsi yang berbeda pula akan makanan yang dikunyah.

Baca juga  Jauhi Makanan yang Disajikan dengan Nitrogen Cair, Ini Kata FDA
ibu memasak lebih enak
credit: pixabay

Contohnya, jika variasi copy number dari gen AMY1 ada sekian dan mampu memecah pati dari Jagung lebih cepat daripada kentang, maka kita akan merasakan bahwa jagung lebih enak daripada kentang.

Nah, ada kemungkinan, level amilase yang ada pada orang tua atau ibu sama dengan yang dimiliki oleh anaknya. Itulah sebabnya makanan yang dirasa enak oleh ibu juga akan dirasa enak juga oleh kita. Selamat hari ibu.. 🙂

Sumber:

doi: 10.1371/journal.pone.0013352

doi: 10.1016/j.cub.2013.04.010.

indianapublicmedia.org

telegraph.co.uk

Leave a Reply