Begini Cara Membuat Alat Pemipil Jagung Sederhana

6
34231
Alat pemipil jagung sederhana 3D

Panganpedia – Sebuah video di Facebook  berdurasi pendek sedang viral di dunia maya. video singkat tersebut memperagakan cara memipil jagung dengan cepat dan dengan menggunakan alat sederhana. Anda dapat memutar videonya di fanpage panganpedia ini.

Bagaimana cara membuat alat tersebut?

Prinsip dari pemipil jagung adalah dengan cara meletakkan jagung di dalam sebuah silinder yang terdapat gigi penahan bulir di dalamnya. Dengan demikian, ketika tongkol jagung atau silinder diputar, maka bulir jagung akan tertahan oleh gigi penahan tersebut, dan akan terlepas dari tongkol jagung.

Salah satu ilustrasi sederhana untuk dapat memahami prinsip di atas adalah gambar di bawah ini. Dalam silinder terdapat gigi yang akan menahan bulir jagung ketika diputar. karena bulir jagung mudah lepas dengan sedikit tenaga, maka ketika tongkol diputar, bulir jagung akan terlepas.

desain pemipih jagung sederhana

Dengan menggunakan bahan sederhana, seperti kaleng bekas susu kental manis dan semen, kita dapat membuat alat pemipil jagung sederhana.

Yang pertama kita butuhkan adalah dua buah kaleng susu kental manis bekas. Usahakan yang satu lebih kecil ukurannya. Ukuran yang kecil akan kita gunakan untuk membuat pemipil jagung. Buang semua tutup dari kaleng tersebut, sehingga kaleng menjadi silinder tanpa alas.

Baca jugaBegini cara membuat snack di pabrik

Bentuk kaleng kecil yang pertama sehingga tercipta gigi penahan yang ada di dalam. Usahakan bentuknya menjadi seperti huruf V, sehingga kaleng akan setengah mengerucut. Perhatikan gambar di bawah.

buat gigi

Setelah itu, gabungkan dua kaleng tadi menjadi satu. Untuk memperkuat, maka kita bisa menambahkan adonan semen di antara kaleng tersebut. Cara lainnya dapat dilakukan dengan cara menambahkan baut, sehingga gigi penahan juga cukup kuat. Namun, disarankan untuk menggunakan adonan semen, agar tetap stabil dan tahan lama.

Pemipil jagung bersatu

Pemipil jagung sederhana dari kaleng bekas ini dapat digunakans setelah semen kering. Cara penggunaan dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama hanya dengan menggunakan tenaga tangan, dimana jagung/pemipil diputar dengan tangan.

Cara yang kedua dengan menggunakan bor listrik. Mata bor ditancapkan ke tongkol jagung, kemudian dimasukkan ke dalam pemipil jagung tersebut. Proses ini akan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan hanya menggunakan tangan biasa. Namun, perlu tambahan sebuah bor untuk dapat melakukan dengan cepat.

Dengan menggunakan bahan seadanya, kita dapat membuat alat pemipil jagung sederhana yang mudah dan murah. Bagaimana? Anda tertarik untuk membuatnya?

Sumber:

Engineering for Change. 2013. How to make a corn sheller. diakses : www.instructables.com/id/How-to-make-a-corn-sheller/

Joshua Pearce. 2014. How to make a 3D-printed corn sheller. diakses dari: www.engineeringforchange.org/how-to-make-a-3d-printed-corn-sheller/

6 COMMENTS

  1. Kalau untuk rumah tangga kan biasanya pakai jagubg basah, kalau caranya gini apa nggak jafi bubur ya jagungnya?

Leave a Reply