Panganpedia – Cuaca yang panas kadang menyebabkan bayi kehausan dan sering menangis, sementara Bunda merasa payudara sudah kosong. Jika sudah begini, bolehkah memberi minum bayi dengan air putih?

Bayi Tidak Boleh Diberi Air Putih

Dalam websitenya, Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memberi alasan mengapa bayi tidak boleh diberi air putih. Pemberian air putih pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan daoat menyebabkan resiko diare dan malnutrisi.

Air putih bisa saja tidak bersih sehingga menyebabkan infeksi pada bayi. Pemberian air putih juga bisa membuat bayi terlalu kenyang sehingga ia malas meminum ASI. Akibatnya, bayi bisa mengalami malnutrisi. Dari segi ibu, ibu yang terlalu banyak memberi air putih dalam jangka panjang akan mengalami penurunan jumlah ASI karena sang bayi enggan disusui.

Bagaimana Solusinya?

Apa langkah yang harus dilakukan jika bayi merasa haus karea cuaca sangat panas? Langkah terbaik adalah dengan menyusuinya. Menyusui akan memuaskan rasa hausnya, melindungi bayi dari infeksi, dan dapat membantu tumbuh kembangnya. Bayi tidak membutuhkan air sebelum menginjak usia 6 bulan. Inilah alasan mengapa WHO merekomendasikan ASI eksklusif pada bayi 6 bulan pertama.

 

(*) Bayi dikatakan ASI ekslusif jika ia hanya menerima ASI tanpa tambahan cairan atau makanan, bahkan air putih, dengan pengecualian berupa larutan rehidrasi oral, sirup vitamin, mineral, atau obat.

Sumber: http://www.who.int/features/qa/breastfeeding/en/

Leave a Reply