Panganpedia – Siapa tidak kenal buah yang satu ini? Dengan hanya mencium baunya, bagi penikmat, akan menelan ludah karenanya. Namun bagi yang tidak menyukai, akan membuat pusing kepala. Yah, buah durian (Durio zibenthinus Murr.) pada bulan-bulan ini sangat mudah didapatkan. Karena buah ini akan memasuki musim panen antara bulan Januari-Febuari. Informasi lain adalah, Indonesia merupakan produsen buah terbesar ke-3 di Dunia setelah Thailand dan Malaysia berdasarkan data dari Litbang Pertanian. Sehingga tidak mengherankan bila ketika musim durian telah tiba, akan sangat dengan mudah dijumpai penjual durian.

Mengkonsumsi durian terkadang membuat bingung karena banyak mitos yang beredar. Belajar tentang fakta tentang durian “Si Raja Buah” yuk!

Tabel Kandungan zat Gizi dalam 100 g Daging buah Durian

NoZat GiziSatuanJumlah Zat Gizi
1KaloriKkal150,00
2Karbohidratg27,09
3Serat pangang3,80
4Lemakg5,33
5Proteing1,47
6Airg65,00
7Vitamin Cmg19,70
8Kaliummg436,00

Sumber : USDA Nutrient Database

Nah, ini dia berbagai fakta tentang durian. Disimak yuk!

  1. Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dibandingkan dengan jenis buah lain.
  2. Mengandung lemak yang tinggi hampir sama dengan alpukat.
  3. Tidak mengandung kolesterol. Namun kandungan lemak yang tinggi berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol, terutama lemak jenuh.
  4. Mengkonsumsi durian tidak boleh bersamaan dengan alkohol untuk menghindari stroke bagi yang punya riwayat darah tinggi.
  5. Mengandung fosfor dan zat besi yang tinggi namun dapat menjadi masalah pada pergerakan usus besar sehingga disarankan untuk meminum air yang banyak sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.
  6. Mengandung vit A (106,92 IU) dan vit C (47,87 mg) yang tinggi.

Meskipun kandungan gizi yang bagus, mengkonsumsi durian perlu dipertimbangkan bagi penderita diabetes (karena gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang tinggi), penderita kolesterol dan darah tinggi. Buah “bergizi” ini layak dikonsumsi namun tentunya jangan berlebihan, mengingat bukan hanya menguras kantong tetapi juga kesehatan kita yang utama.

 

So, Sudahkah Anda menikmati durian di musim ini? 🙂

Leave a Reply