Panganpedia – Pernahkah Anda menikmati segarnya buah persimmon, yang juga disebut buah kesemek dalam komik Doraemon? Buah yang nama Jepangnya adalah 柿 (kaki) ini menjadi salah satu penanda bahwa musim gugur telah tiba di Negara Jepang. Tingkat kematangan yang ditandai dengan berubahnya warna dari hijau menjadi oranye, dapat dengan mudah ditemui di supermarket dengan harga yang beragam sesuai kualitas buahnya mulai Bulan Oktober mendatang. Selain nikmat dikonsumsi secara langsung, persimmon juga tidak kalah enak rasanya setelah dikeringkan, mengingat masa panen buah ini tergolong singkat (berkisar antara bulan Oktober-November).

あんぽ柿(Anpogaki), mungkin terdengar asing di telinga kita, tapi tidak bagi masyarakat yang tinggal di Perfektur Fukushima, salah satu daerah utama penghasil anpogaki di Negara Jepang. Simak lebih lengkap artikel tentang buah kering ini sampai tuntas ya!

Proses Pembuatan Anpogaki

Sebenarnya ada beberapa jenis buah persimon di Negara Jepang, namun jenis yang biasa digunakan untuk dikeringkan adalah jenis 渋柿(shibugaki) atau persimmon yang memiliki rasa astringent atau sepat. Proses pembuatan anpogaki dimulai dengan pemanenan buah yang telah matang, pengupasan kulit bagian luar, dan dilanjutkan dengan fumigasi sulfur. Proses ini bertujuan untuk mencegah oksidasi zat tanin, yang mengakibatkan penghitaman pada permukaan buah dan juga menekan pembentukan mikroorganisme serta meningkatkan efektifitas pengeringan. Untuk mencegah tertinggalnya sulfur pada buah (toleransi kadar hingga 30ppm/buah), proses ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir adalah proses yang paling penting, yakni pengeringan. Lamanya proses pengeringan bervariasi, tergantung pada kondisi tempat pengeringan, varietas buah yang digunakan, dan juga ukuran buah.

Tahukah anda, proses pengeringan ini sangat unik, yakni dengan cara digantung seperti menggantung jemuran pada umumnya lho. Agar dapat menghasilkan anpogaki yang lezat dan bertekstur jelly yang lembut, proses pengeringan dengan cara ini menghabiskan waktu sekitar 25 sampai 30 hari tanpa henti.

buah persimmon yang digantung. dari www.arukunet.jp

 

 

 

 

 

Kandungan Nutrisi

persimon kering dari http://ago-lab.shimane-u.ac.jp

Dengan mengkonsumsi 100 gram dried persimmon ini, selain mendapatkan kandungan serat yang baik bagi tubuh, kita juga bisa mengasup mineral dan vitamin seperti natrium 2mg, kalium 802mg, karbohidrat 73.4gr, protein 1.4gr, vitamin A 38μg, kalsium 25mg, zat besi 0.7mg, magnesium 31mg, fosfor 81mg, zinc 0.4mg dan juga mangan 1.4mg (kalkulasi disadur dari www.eatthismuch.com).

Bagaimana? Anda tertarik mencicipi buah kering bertekstur jelly satu ini? Jangan lupa untuk menyempatkan membeli bagi anda yang berlibur ke Jepang pada kisaran Bulan Oktober-November mendatang ya!

1 COMMENT

  1. […] Panganpedia – Jepang memiliki budaya membawa oleh-oleh/saling bertukar oleh-oleh yang sudah ada sejak zaman Jepang Kuno. Konon salah satu tradisi dalam negosiasi bisnis mereka sejak dulu hingga saat ini  yang terus dipertahankan adalah budaya bertukar cendera mata atau oleh-oleh. Uniknya, oleh-oleh yang mereka bawa biasanya adalah oleh-oleh khas daerah mereka yang berbentuk makanan. Nah, buat kamu yang akan berkunjung ke Jepang baik untuk studi, bekerja atau pun hanya sekedar ingin berjumpa teman yang ada di Jepang atau orang Jepang yang berkunjung ke Indonesia, ini dia daftar oleh-oleh yang disukai orang Jepang. […]

Leave a Reply