Home Asal Kamu Tahu Bersaing dengan Susu Sapi, Susu Kedelai Tak Kalah Pamor

Bersaing dengan Susu Sapi, Susu Kedelai Tak Kalah Pamor

0
Susu kedelai dengan kedelai

Panganpedia – Apa yang ada di benak kita saat melihat iklan susu formula untuk anak-anak? Susu formula berbahan susu sapi dengan tambahan berbagai zat gizi untuk melengkapi kebutuhan pertumbuhan buah hati tercinta, pastinya. Namun,  jika kita sempat mengamati iklan susu untuk batita maupun balita akhir-akhir ini, kita akan menemukan produsen susu yang menawarkan susu formula dengan bahan kedelai, atau biasa dikenal dengan susu soya. Kira-kira mengapa ya?

Susu soya berbahan kedelai bisa menjadi alternatif bagi para orang tua yang memiliki buah hati dengan alergi susu sapi. Alergi sendiri merupakan respon abnormal dari sistem kekebalan terhadap susu sapi maupun produk olahannya yang melibatkan protein susu. Penderita alergi susu ini umumnya anak-anak dengan beberapa gejala seperti mual, sesak nafas hingga diare bahkan kematian. Oleh karenanya, orang tua harus jeli terhadap reaksi buah hati saat memberikan susu formula berbahan susu sapi.

Penderita alergi sekilas memiliki gejala yang mirip dengan penderita intoleransi laktosa. Pada kasus intoleransi laktosa, penderita tidak mampu mencerna laktosa, yaitu gula yang terdapat pada susu,  akibat enzim lactase yang dihasilkan oleh tubuh tidak mencukupi. Intoleransi lakotsa pada setiap orang berbeda tingkat keparahannya bergantung pada berapa banyak jumlah enzim yang dihasilkan oleh tubuh. Jika pada penderita alergi susu sama sekali tidak bisa mengkonsumsi susu sapi maupun olahannya, tidak demikian dengan penderita intoleransi laktosa yang kebanyakan merupakan orang dewasa. Penderita intoleransi laktosa masih bisa mengkonsumsi susu sapi maupun olahannya pada kadar tertentu sesuai dengan tingkat intoleransinya. Dalam hal ini, susu berbahan dasar kedelai bisa dikonsumsi oleh baik penderita alergi susu maupun intoleransi laktosa sebagai pengganti susu sapi.

Sejauh ini, masyarakat memang telah familiar dengan susu kedelai dibandingkan dengan dengan susu nabati dari bahan lainnya. Bahkan, susu kedelai sudah bisa ditemukan dalam bentuk bubuk sebagai susu instan. Kandungan yang terdapat pada susu sapi dan susu kedelai dapat dilihat dalam tabel berikut :

Kandungan gizi susu sapi dan susu kedelai
Kandungan gizi susu sapi dan susu kedelai

Melihat kandungan gizi yang terdapat pada susu kedelai, memang bukan hal yang sulit bagi produsen susu formula bayi untuk menjatuhkan pilihannya sebagai pengganti susu sapi. Memang, beberapa nutrisi pada susu kedelai tidak memiliki jumlah yang sama besar seperti pada susu sapi, namun hal tersebut bisa diatasi dengan fortifikasi mineral dan vitamin. Kalsium merupakan mineral yang paling sering ditambahkan pada susu kedelai untuk mendekati jumlah kalsium pada susu sapi.

Jadi , jika memiliki buah hati yang bermasalah dengan susu sapi, jangan ragu untuk beralih pada susu kedelai, yaa… 🙂

NO COMMENTS

Tinggalkan komentar