Home Pangan Lokal Mengenal Papeda, Makanan Khas Papua

Mengenal Papeda, Makanan Khas Papua

2
gambar: wikipedia

Panganpedia – Papua merupakan daerah di Indonesia bagian timur yang memiliki wilayah sangat luas dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tidak hanya sebagai penghasil tambang emas terbesar di dunia, panorama alam Papua sangatlah eksotis dan menawan. Sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan lebat dan masih banyak terdapat beragam suku yang mendiami tanah Papua.

Masyarakat Papua memiliki makanan yang khas dan cukup unik yang terbuat dari bahan dasar sagu, yakni papeda. Papeda terbuat dari sagu mentah yang dimasak sehingga memiliki tekstur dan bentuk serupa dengan lem yang kenyal dan berwarna agak putih. Papeda memang tidak memiliki rasa karena cenderung hambar, sehingga biasanya disajikan bersama dengan kuah kuning ikan tongkol atau ikan gabus. Tidak hanya bentuknya yang unik, cara mengkonsumsinya pun tergolong unik yakni dengan cara menyeruput menggunakan sumpit.

Kandungan Gizi Papeda Makanan Khas Papua

Sagu yang merupakan bahan dasar papeda, dalam setiap 100 gram-nya mengandung energi 209 kkal, protein 0,3 gram, karbohidrat 51,6 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 27 mg, fosfor 13 mg, zat besi 0,6 mg, vitamin B 0,01 mg.

Berdasarkan bahan baku yang digunakan, papeda merupakan sumber karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes militus. Selain itu, papeda merupakan sumber serat tinggi yang berperan sebagai prebiotik yang menjaga mikroflora di usus sehingga kesehatan saluran cerna tetap terjaga. Dengan kandungan serat yang tinggi, juga dapat memperlancar buang air besar dan mencegah konstipasi.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba mengkonsumsi makanan khas Papua yang unik ini? Anda tidak perlu jauh-jauh ke tanah Papua karena sekarang di berbagai daerah telah banyak rumah makan yang menyediakan menu khas Papua ini. Selamat mencoba.

2 COMMENTS

  1. Memang rasanya sangat hambar. Baru pertama kali nyicipin kemarin. tapi kalo ada ikan kuah kuningnya ya enak seklai. apalagi sudah khasiatnya

Leave a Reply