Pecel Kembang Turi, Masakan Nusantara Yang Berkhasiat

Pecel kembang turi, salah satu warisan nenek moyang yang mengandung beribu manfaat.

0
345

Panganpedia – Imogiri merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal akan budaya dan panorama alamnya yang indah. Salah satu cagar budaya yang terkenal di Imogiri adalah Kompleks Makam Raja-Raja Matara. Pernahkah Anda mengunjunginya?

Bila Anda pernah mengunjungi Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, tentu Anda tidak ketinggalan untuk menyantap kuliner khas Imogiri yakni wedang uwuh dan pecel kembang turi. Kedua sajian khas tersebut selain memiliki rasa yang enak, juga berkhasiat bagi kesehatan. Namun mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kedua sajian ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, karena yang terpenting bagi sebagian banyak orang adalah rasa yang enak.

Pecel kembang turi, selain berbahan dasar bunga atau kembang turi, biasanya disajikan bersama dengan bayam, kacang panjang dan taoge. Kembang turi yang memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora ini tergabung dalam keluarga fabaceae. Pohonnya banyak tersebar dari India Timur hingga Austalia, dan di Indonesia sendiri banyak dijumpai di sawah, kebun dan pekarangan sebagai tanaman pelindung yang memiliki kayu lunak dan berumur pendek.

kembang-turi
Kembang turi. Sumber: pixabay

Kembang Turi mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalium, fosfor, zat besi, kalsium) dan vitamin (A, B1, B6, C). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dalam 100 gram kembang turi mengandung energi 44 kilokalori, proteim 1,8 gram, karbohidrat 9,6 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 23 mg, fosfor 29 mg, zat besi 1 mg, vitamin A 105 IU, vitamin B1 0,13 mg dan vitamin C 41 mg. Selain itu, kembang turi juga berkhasiat untuk memperlancar produksi ASI. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi para Ibu yang tengah dalam proses menyusui buah hatinya.

Kembang turi juga telah banyak dimanfaatkan sebagai anti peradangan dan mengobati radang tenggorokan, mengobati sariawan, mengobati batuk, disentri, keputihan, sakit kepala dll. Dengan berbagai khasiat kesehatan kembang turi tersebut, tentu akan menambah keinginan Anda untuk mengkonsumsinya bukan?

(*)dari berbagai sumber

Leave a Reply