Mengintip Kecanggihan Beragam Jenis 3D Food Printer

0
90
printer-makanan-3-dimensi

Akan tiba masanya makanan akan sangat cepat disajikan dengan hanya keluar dari mesin. Ya, meski masih jauh dari level Star Trek, sekarang sudah ada printer khusus untuk makanan, tiga dimensi pula! Coba dicek yuk seperti apa kecanggihan 3D Food Printer yang sudah ada saat ini.

  1. Chefjet Pro (3D Systems)
printer-makanan-3-dimensi-chefjet_pro
Sumber: Popsci,com

Printer makanan 3 dimensi besutan 3D Systems ini sudah diluncurkan tahun lalu. Printer ini mengkhususkan diri untuk membuat aneka confectionery, misalnya permen warna-warni dan hiasan kue. Chefjet Pro menggunakan gula beraneka rasa sebagai bahan printing. Anda dapat memilih berbagai rasa, misalnya mint, strawberry, vanila, atau rasa semangka. Printer ini akan bekerja dengan membuat lapisan demi lapisan gula halus yang telah diberi zat pengikat. Dengan printer ini, Anda dapat membuat permen dengan model unik.

2. 3D Food Printer (Dovetailed)

printer-makanan-3-dimensi-3d_fruit_printer
Sumber: Dovetailed

Pada tahun 2014, sebuah perusahaan bernama Dovetailed mengembangkan printer 3D yang bertujuan untuk “membuat” buah-buahan. Dengan mengubah larutan berflavor menjadi menjadi garam kalsium, aneka buah bisa “diciptakan” dengan berbagai bentuk, ukuran, dan rasa. Lihat saja raspberry ini sebagai contohnya.

3. Foodini (Natural Machines)

printer-makanan-3-dimensi-foodini
Sumber: naturalmachines.com

Memasak pasta, burger, dan chicken nugget kini semudah membalik telapak tangan dengan Foodini. Si empunya produk, Natural Machines, menciptakan alat ini untuk memudahkan Anda melakukan sesuatu yang susah jika dilakukan secara manual (dengan tangan). Dengan mengeprint sendiri, Natural Machines berharap Anda lebih memilih makanan dari rumah daripada harus membeli makanan berpengawet di luar. Foodini juga bisa dipakai untuk me-reshape coklat juga, lho!

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply