Di Balik Seteguk Kehangatan Wedang Uwuh Jogja

0
332
wedang-uwuh-jogja

panganpedia – Daerah Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta menjadi salah satu objek wisata yang layak dijelajahi di Jogja. Makam raja-raja Imogiri, jembatan gantung, hutan pinus Imogiri, dan kebun buah Mangunan cocok jadi jujugan Anda ketika berwisata ke Yogyakarta. Tahukah Anda bahwa Imogiri juga terkenal akan wedangnya yang sangat nikmat?

Wedang uwuh adalah minuman khas Imogiri, Bantul, Yogyakarta yang menawarkan rasa yang tradisional dan unik. Lebih unik lagi karena wedang uwuh diambil dari kata “wedang” yang berarti minuman, dan “uwuh” yang berarti sampah. Tapi tak berarti ini benar-benar minuman sampah, lho!

Wedang Uwuh Jogja yang Kaya Khasiat

Terbuat dari rempah-rempah asli, wedang uwuh memperkenalkan rasa yang alami khas Jogja. Bahan untuk pembuatan wedang uwuh adalah jahe, kayu manis, secang, daun pala, cengkeh, kapulaga, dan batang sereh. Sebagai pemberi rasa manis, gula jawa (gula merah, red.) dan gula batu siap ditambahkan ke dalamnya.

Jahe sebagai komponen terbanyak dalam wedang uwuh punya banyak manfaat bagi kesehatan. Komponen kimianya seperti gingerol, shogaol, dan zingerone memiliki sifat antioksidatif, antiinflamasi, anagesik, dan anti-karsinogenik (Surh et al., 1998). Pada awalnya, komponen utama dalam jahe adalah gingerol. Namun, saat dipanaskan pada suhu tertentu, komponen ini berubah menjadi shogaol dan zingeron. Aroma khas jahe yang keluar berasal dari campuran zingeron, shogaol, dan minyak atsiri.

Dengan kombinasi jahe dan kayu manis, aroma semerbak siap memanjakan hidung Anda. Sedangkan warna minuman yang merah berasal dari secang. Rempah-rempah lain misalnya daun pala, cengkeh, kapulaga, dan batang sereh juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lho!

Cara Pembuatan Wedang Uwuh Jogja

Pembuatan wedang uwuh Jogja sangat sederhana dan cepat. Semua bahan-bahan diseduh dengan air panas dan dapat pula direbus jika ingin membuat dalam jumlah banyak. Minuman akan berwarna kemerahan dengan bau khas kayu manis.

Wedang uwuh sangat cocok disajikan selagi hangat. Rasanya yang hangat dan sedikit pedas, ditambah dengan adukan gula akan membuat minuman ini semakin nikmat. Kini wedang uwuh banyak dijual di Yogyakarta, baik dalam kemasan instan atau celup.

Setelah meminum secangkir wedang uwuh hangat, maka kini lengkap sudah wisata Anda di Imogiri.

(*) pic taken from lorenzafood.wordpress.com

Leave a Reply