Panganpedia – Kita mungkin sering mendengar atau melihat di beberapa label kemasan yang mensalahartikan tepung dengan pati. Apakah Anda tahu, pati dan tepung itu berbeda, lho! Apa saja perbedaannya, lalu bagaimana cara membedakannya? Dalam artikel Panganpedia ini akan diulas perbedaan tepung dan pati serta bagaimana cara membedakannya.

Beda Tepung dan Pati: Cara Pembuatan

Walaupun wujudnya sulit dibedakan, tepung dan pati ternyata memiliki proses pembuatan yang berbeda. Misalnya tepung jagung dan pati jagung. Untuk mendapatkan tepung jagung  yang perlu kita lakukan hanya mengeringkan jagung, selanjutnya jagung kering dihaluskan / digiling, jadilah tepung jagung. Proses untuk mendapatkan pati jagung sedikit berbea. Untuk mendapatkan pati jagung dengan cara yang paling sederhana, kita perlu menghaluskan jagung dengan penambahan air, menyaring ampasnya, dan mengendapkan air hasil perasan tersebut selama beberapa waktu. Endapan yang dihasilkan kemudian dikeringkan dan dihaluskan, jadilah pati jangung.

Beda Tepung dan Pati: Sifat dalam Adonan

Karena berbeda cara pembuatan, sifat-sifat tepung dan pati dalam adonan juga berbeda. Tepung lebih mudah tercampur dalam air dingin dibanding pati. Saat terkena air panas atau dimasak dengan air sampai mendidih, pati akan membentuk gel yang kental dan bening, dimana kejadian ini secara ilmiah disebut “gelatinisasi”. Karena sifatnya yang dapat mengental setelah pemasakan, pati dapat digunakan sebagai bahan pengental untuk beberapa produk makanan.

Beda Tepung dan Pati: Tekstur dan Warna

Kita dapat membedakan tepung dan pati dengan mudah dan sederhana. Pati biasanya memiliki warna yang lebih putih dan tekstur yang lebih halus dibanding tepung. Saat kita menggosoknya diantara dua jari, pati akan terasa lebih kesat sedangkat tepung akan terasa lebih lembut.

Beda Tepung dan Pati: Nama lain pati dan tepung

Beberapa pati memiliki nama lain yang kadang membuat kita menyalahartikannya dengan tepung. Yang pertama adalah aci, aci adalah nama lain dari pati, biasanya orang menyebut pati yang biasa kita temui di pasar seperti pati singkong dan pati sagu sebagai aci. Yang kedua adalah tapioka, tapioka merupakan nama lain dari pati singkong. Yang terakhir maizena, maizena adalah nama lain dari pati jagung. Oh iya, ada satu lagi yang perlu anda ketahui, terigu merupakan nama lain dari tepung gandum.

Bagaimana? Apakah anda sudah dapat membedakan pati dengan tepung? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membedakan tepung dan pati. Jangan sampai salah pilih ya!

2 COMMENTS