7 Makanan Ini Dapat Melawan Anemia

0
237

Panganpedia – Defisiensi zat besi atau kekurangan zat besi secara umum dialami oleh banyak orang khususnya wanita hamil dan anak-anak. Kebutuhan zat besi bagi wanita usia 19-50 tahun adalah 18 mg/hari sedangkan untuk wanita hamil dapat mencapai 27 mg/hari. Sementara kebutuhan zat besi bagi laki-laki hanya sekitar 8 mg/hari. Apabila tubuh mengalami kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia yang menyebabkan tubuh mudah terserang infeksi dan penyakit.

Terdapat dua tipe zat besi yakni heme yang bersumber dari hewani dan non heme yang bersumber dari nabati. Keduanya sama-sama penting dalam memenuhi kecukupan zat besi bagi tubuh, terutama agar tidak mengalami anemia. Penyakit anemia dapat dilawan dengan makanan penambah darah. Berikut ini merupakan makanan-makanan yang bersumber dari nabati dan hewani yang kaya akan zat besi yang mampu melawan anemia.

Makanan Penambah Darah (1): Telur

Telur kaya akan antioksidan dan protein tinggi yang mampu mencukupi kebutuhan gizi bagi tubuh serta mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan makan telur karena mitos bahwa telur dapat menyebabkan bisulan. (baca juga: Fun Fact Telur Ayam yang Terlupakan)

Makanan Penambah Darah (2): Daging Merah

Daging ayam dan sapi merupakan sumber zat besi heme yang mudah diserap oleh tubuh. Bahkan, daging sapi mampu mencukupi 600% kebutuhan zat besi per hari bagi tubuh.

Makanan Penambah Darah (3): Tiram

Selain mengandung vitamin B12, tiram mengandung zat besi tinggi yang mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi sehingga mampu melawan anemia.

Makanan Penambah Darah (4): Bayam

Bayam merupakan sayuran unggul yang kaya akan vitamin A, E, C,kalsium, serat, betakaroten dan zat besi. Setengah mangkuk bayam mengandung 3,2 mg zat besi yang mampu mencukupi kebutuhan zat besi 20% untuk wanita.

Makanan Penambah Darah (5): Tomat

Selain kaya akan likopen dan vitamin E yang sangat berguna dalam memelihara kesehatan dan kecantikan kulit, tomat juga kaya akan vitamin C yang membantu tubuh dalam menyerap zat besi. (Baca juga: Pilih Mana, Tomat Mentah atau yang Sudah Diolah?)

Makanan Penambah Darah (6): Madu

Dalam 100 gram madu, terkandung zat besi sebanyak 0,42 mg. Selain itu juga terkandung magnesium dan tembaga yang dapat meningkatkan hemoglobin. Baca tentang madu selengkapnya disini.

Makanan Penambah Darah (7): Kacang Kedelai

Selain kaya akan protein, kacang kedelai juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu meningkatkan level zat besi dalam tubuh dan melawan anemia.

Agar kebutuhan zat besi terpenuhi dan terhindar dari anemia, maka jangan lupa untuk menyertakan makanan-makanan tersebut di atas dalam menu harian Anda.

(*)dari berbagai sumber

Leave a Reply