oleh-oleh-untuk-orang-Jepang

Panganpedia – Jepang memiliki budaya membawa oleh-oleh/saling bertukar oleh-oleh yang sudah ada sejak zaman Jepang Kuno. Konon salah satu tradisi dalam negosiasi bisnis mereka sejak dulu hingga saat ini  yang terus dipertahankan adalah budaya bertukar cendera mata atau oleh-oleh. Uniknya, oleh-oleh yang mereka bawa biasanya adalah oleh-oleh khas daerah mereka yang berbentuk makanan. Nah, buat kamu yang akan berkunjung ke Jepang baik untuk studi, bekerja atau pun hanya sekedar ingin berjumpa teman yang ada di Jepang atau orang Jepang yang berkunjung ke Indonesia, ini dia daftar oleh-oleh yang disukai orang Jepang.

Kopi Asli Indonesia

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak kopi berkualitas, baik arabika atau pun robusta, yang sudah diakui kualitasnya di pasar internasional, sebut saja Kopi Toraja (Sulsel), Kopi Lampung, Kopi Gayo (Aceh), dan lain sebagainya. Sebagai orang Indonesia,  kita harus bangga memperkenalkan apa yang kita miliki, terlebih penikmat kopi di Jepang sangat dominan. Jangan lupa, saat memberikan kopi sebagai oleh-oleh perkenalkan juga potensi kopi di Indonesia, bisa jadi ini akan menjadi awal percakapan yang menarik.

Kue Lebaran/Kue Kering

Di Jepang sangat mudah mendapatkan kue basah sejenis brownies, bahkan di Jepang kualitas kue tersebut bisa dibilang sangat baik dengan tekstur yang sangat halus. Olehnya, kue kering mungkin menjadi alternatif yang bisa dijadikan oleh-oleh yang bisa dibawa ke Jepang, hitung-hitung kue kering juga bisa tahan dalam waktu lama. Anda bisa membuat kue kering sesuai keinginan anda baik itu kue nastar, putri salju, kastangel, dan bakpia. Karena orang Jepang umumnya tidak suka dengan makanan yang terlalu manis, Anda dapat membuat atau memesan kue kering dengan mengurangi gula yang diberikan saat pembuatan. Jangan lupa buat/beli kue yang secantik mungkin karena orang Jepang sangat memperhatikan nilai estetika dari makanan.

Keripik

Keripik adalah alternatif selanjutnya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Mengapa? Ternyata orang Jepang juga suka dengan keripik, hal ini terbukti dari permintaan keripik kentang (potato chips) yang sempat menjadi isu di Jepang pada tahun 2017 karena harga keripik kentang yang naik enam kali lipat karena ketersediaan barang yang jauh di bawah permintaan. Selain itu, di Jepang juga banyak ditemukan makanan sejenis kerupuk atau mereka penyebutnya sengbe. Keripik singkong mungkin bisa menjadi alternatif anda untuk dijadikan oleh-oleh karena melihat keunikan keripik singkong yang sangat jarang untuk ditemui di Jepang, karena singkong memang hanya diproduksi di wilayah tropis seperti Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membawa kerupuk apel, keripik pisang, atau keripik nangka yang mungkin masih jarang ditemui di Jepang. Namun harus diingat, orang Jepang sedikit tidak senang dengan vetsin/penyedap rasa dan minyak yang berlebihan.

Itulah tiga oleh-oleh yang mungkin anda bisa bawa jika berkunjung ke Jepang atau memberikan cinderamata kepada orang Jepang. Jangan lupa kemas oleh-olehnya dengan indah, ya!