Panganpedia – Kesibukan yang luar biasa, pekerjaan yang menumpuk dan jalanan yang macet tidak jarang membuat sebagian banyak orang mengalami stress. Stress merupakan kondisi dimana perasaan merasa tertekan, cemas dan tegang. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, stress merupakan gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar.

Bila stress dibiarkan begitu saja, maka hal tersebut berdampak tidak baik terhadap kesehatan, bahkan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Tidak perlu khawatir, sebab dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini, stress dapat dicegah dan dilawan. Panganpedia akan merangkumnya untuk Anda.

Makanan Pencegah Stress: (1) Jeruk dan Alpukat

alpukat Jeruk merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan radikal bebas yang meningkat akibat stress. Sedangkan alpukat kaya akan mineral, vitamin, serat, potasium dan protein yang mampu mengurangi hormon penyebab stress dan menjaga sel otak agar tetap sehat.

Makanan Pencegah Stress: (2) Teh Hijau

tehKandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau sangat baik untuk meningkatkan mood serta memberi efek tenang pada pikiran dan tubuh. Menurut penelitian, mengkonsumsi segelas teh hijau tanpa gula setiap hari akan meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya stress. Baca juga manfaat teh lainnya disini.

 

Makanan Pencegah Stress: (3) Susu

gelas susu sari kedelaiSegelas susu mampu menyediakan sumber vitamin, mineral, protein dan kalsium yang diperlukan oleh tubuh agar tetap bugar dan sehat. Menurut penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi sereal dengan susu sebagai menu sarapan merupakan hal terbaik untuk memulai hari dan mencegah stress.

Makanan Pencegah Stress: (4) Bayam

daun-bayamKandungan vitamin A, C, B, potasium, kalsium dan magnesium pada bayam mampu mengurangi dan meredakan hormon penyebab stress. Dengan mengkonsumsi semangkuk bayam setiap hari, akan menstabilkan mood.

Makanan Pencegah Stress: (5) Dark Chocholate

manfaat-coklatMengkonsumsi dark chocholate dapat meningkatkan hormon serotonin yang menimbulkan perasaan senang. Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada dark chocholate mampu menenangkan pikiran sehingga rileks. Bahkan, mengkonsumsi coklat – asal tidak berlebihan – dapat membuat kulitmu cantik, lho! (Baca juga artikel: Manfaat Coklat Bagi Kulit)

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk stress, bukan?

(*)dari berbagai sumber