Makanan Ini Dapat Meredakan Nyeri Haid

0
137

panganpedia – Anda sering merasakan nyeri saat haid? Nyeri haid merupakan gejala normal dari serangkaian Premenstrual Syndrome (PMS) yang disebabkan faktor hormonal. Nyeri haid atau yang disebut dismenore terjadi di perut bagian bawah yang dapat disertai kram perut akibat kontraksi rahim yang membantu melepaskan lapisan dinding rahim dari tubuh. Nyeri haid dan kram perut ini biasanya pertama dirasakan ketika mulai pendarahan dan terus berlangsung hingga 32-48 jam.

Rasa sakitnya sungguh luar biasa, dan terkadang membuat tubuh menjadi lemas dan mengganggu aktivitas. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab makanan-makanan ini dapat membantu mengurangi nyeri haid dan kram perut. panganpedia akan merangkumnya untuk Anda.

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam merupakan sumber kalsium yang mengurangi kejang otot penyebab nyeri, serta mencegah pendarahan berlebih dengan adanya kandungan vitamin K.

Brokoli yang mengandung serat tinggi, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, potasium dan magnesium dapat mengurangi nyeri dan ketidaknyamanan perut saat haid.

makanan-pereda-nyeri-haidNanas dan Pisang

Nanas mengandung bromelein yang mampu melemaskan dan mengendurkan otot-otot kaku dan tegang sehingga kram tidak timbul. Sedangkan pisang mengandung potasium yang mampu menurunkan kadar hormon estrogen dan mengandung magnesium yang dapat mengurangi rasa nyeri.

 

Dark Chocholate

Mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan hormon serotonin yang dapat meimbulkan perasaan senang. Kandungan antioksidan yang tinggi juga mampu menenangkan, memberi efek rileks dan mengendurkan otot.

 

Telur

Kandungan vitamin D dan kalsium pada telur mampu membuat rileks otot di rahim dan area kewanitaan.

 

Teh Hijau

Tingginya kandungan polifenol yang merupakan antioksidan pada teh hijau mampu memperlancar haid dan mengurangi kembung serta nyeri haid.

 

Gandum

Menurut Study Archief of Internal Medicine, diet rendah karbohidrat perlu dilakukan untuk meningkatkan suasana hati terutama di saat haid. Gandum yang merupakan sumber karbohidrat ber-indeks glisemik rendah serta kaya akan serat merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat haid, dalam bentuk roti gandum, sereal atau oatmeal.

Mulai sekarang mari rajin mengkonsumsi makanan tersebut dan katakan selamat tinggal pada nyeri haid.

 

(*) dari berbagai sumber

Leave a Reply