Tips Cepat Memilih Frozen Food

2
506
tips-memilih-makanan-beku

Panganpedia – Tuntutan gaya hidup yang serba cepat dan serba praktis  membuat sebagian besar orang lebih memilih produk makanan yang siap masak seperti frozen food atau makanan beku. Permintan konsumen terhadap produk makanan beku terus mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi karena pangan beku masih dianggap sehat karena tidak mengandung pengawet (Estiasih dan Ahmadi, 2009).

Banyaknya produsen dan pasar yang menyajikan makanan beku kepada konsumen tentu membuat konsumen perlu jeli membedakan produk yang berkualitas dan tidak. Nah, bagaimana tips memilih makanan beku dengan cepat? Berikut ulasan Panganpedia.

Kenapa Frozen Food tidak tahan lama pada suhu ruang?

Produk frozen food yang paling digemari saat ini  adalah produk-produk yang berasal dari olahan daging dan ikan, dimana keduanya harus berada di kisaran suhu 0o hingga 8oC (suhu almari pendingin) agar bisa bertahan lama.  Pada kisaran suhu 10o hingga 40o C mikroba mesofilik akan tumbuh dengan baik (Estiasih dan Ahmadi, 2009) dan menghasilkan racun pada makanan. Selain itu, bakteri patogen (bakteri yang menyebabkan penyakit) dapat aktif kembali setelah makanan beku dinormalkan kembali. Oleh karena itu, pada umumnya frozen food hanya dapat bertahan maksimal 25 jam pada suhu ruang.

Bagaimana jika Frozen Food tidak basi setelah berada di suhu ruang lebih dari 25 jam?

Penurunan mutu frozen food dapat dilihat dari perubahan warna, perubahan bau menjadi basi, atau teksturnya yang menjadi berlendir. Apabila Anda mendapati produk frozen food tidak mengalami penurunan mutu saat berada di luar almari pendingin dalam  waktu lebih dari 25 jam, maka Anda perlu waspada. Sebab seharusnya, makanan beku atau frozen food akan basi jika berada pada kondisi tersebut.

Belakangan ini, banyak oknum-oknum tidak bertanggungjawab memanfaatkan tingginya permintaan konsumen terhadap makanan beku dengan menjual produk frozen food berbahaya. Produk-produk tersebut telah dimanipulasi dengan memberi tambahan bahan kimia berbahaya seperti boraks atau formalin agar bertahan lama. Hal ini perlu diwaspadai sebab produk pangan tersebut menjadi tidak aman untuk dikonsumsi dan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan  bagi yang mengkonsumsinya, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, berhati-hatilah dalam membeli produk frozen food. Akan lebih baik jika Anda berbelanja di tempat yang terpercaya dengan harga yang wajar, memiliki sertifikasi halal MUI dan nomor BPOM yang terdaftar.

 

Sumber : Estiasih, T. dan Ahmadi. 2009. Teknologi Pengolahan Pangan. Bumi Aksara, Jakarta.

 

 

2 COMMENTS

  1. Mau ngeralat kutipan di paragraf pertama:
    “… karena pangan beku masih dianggap sehat karena tidak mengandung pengawet…”
    Frozen food yang sudah bermerk dan terdaftar bpom pun masih ada yang pakai pengawet kok, misal potassium sorbate. Dengan kadar yang masih aman tentunya :))))

    • Terimakasih mb ayu untuk tambahannya. Iya benar memang ada beberapa frozen food yang harus ditambahi pengawet karena memang diperlukan. Untuk artikel di atas sebenarnya diutamakan untuk frozen food yang pada komposisi produknya tidak dicantumkan tambahan pengawet. Terima kasih mb ayu untuk share ilmunya.

Leave a Reply