Berapa Banyak Kita Butuh Vitamin C dalam Sehari?

0
3048
kebutuhan-vitamin-C

Panganpedia – Banyak orang tak pernah tahu berapa sebenarnya jumlah vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Banyaknya iklan yang marak mempromosikan produk-produk vitamin C membuat konsumen mulai mengubah pandangan. Banyak yang berpikir, lebih banyak jumlah vitamin C, semakin baik.

Berapa kebutuhan vitamin C tubuh per harinya ?

Menurut Recommended Dietary Allowance (RDA)(*), kebutuhan vitamin C untuk setiap orang berbeda-beda, sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan keadaan fisiknya (hamil dan menyusui). Selengkapnya dapat dilihat di Tabel berikut.

Tabel Kebutuhan Vitamin C Tubuh Per Harinya

Usia

Laki-laki

Perempuan

Kehamilan

Menyusui

0-6 bulan

40 mg*

40 mg*

7-12 bulan

50 mg*

50 mg*

1-3 tahun

15 mg

15 mg

4-8 tahun

25 mg

25 mg

9-13 tahun

45 mg

45 mg

14-18 tahun

75 mg

65 mg

80 mg

115 mg

> 19 tahun

90 mg

75 mg

85 mg

120 mg

Perokok

Butuh 35 mg/hari lebih banyak daripada bukan perokok

(*) Asupan yang memenuhi syarat

Jumlah vitamin C yang diperlukan tubuh sebenarnya cukup jika tubuh mengkonsumsi makanan sehari-hari dengan pola makan yang baik.

Baikkah meminum suplemen vitamin C ?

Jika Anda mengkonsumsi vitamin C dalam batas yang berlebih, secara alami vitamin C yang tidak terpakai tubuh akan dikeluarkan oleh urin. Solusinya, minumlah air sebanyak-banyaknya agar vitamin C keluar dan tidak mengendap di ginjal.

Suplemen vitamin C juga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Vitamin C yang dikonsumsi terlalu sering dapat membuat tubuh ‘membiasakan diri’ mendapat asupan tinggi, sehingga jika jumlah konsumsi dikurangi meski dalam batas wajar, seseorang akan merasa lemas karena tubuh memberi ‘sinyal-sinyal’ kekurangan vitamin C. Umumnya, asupan vitamin C lebih dibutuhkan jika seseorang berada dalam kondisi tidak sehat.

Selain itu, konsumsi vitamin C yang terlalu banyak dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, misalnya berkurangnya penyerapan vitamin B12 dan asam lambung yang berlebih. Bahkan, konsumsi vitamin C lebih dari 2.000 mg sehari dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak.

 

Sumber:

(*) Institute of Medicine. Food and Nutrition Board. Dietary Reference Intakes for Vitamin C, Vitamin E, Selenium, and Carotenoids. Washington, DC: National Academy Press, 2000.

Isselbacher, Braunwald, Wilson, Martin, Fauci, and Kasper. Harrison: Prinsip-Prinsip Ilmu Penyakit Dalam. EGC.

Leave a Reply