Yuk Intip Pembuatan Es Krim Jipangyi yang Unik Ini!

0
1288
Credit: artebia.com

Panganpedia – Trend Korea masih belum benar-benar hilang di masyarakat. Setelah munculnya aneka K-pop style dan beragam drama reality Korea, kuliner khas Negeri Ginseng juga mulai menjamur di seantero negeri.
Munculnya kuliner ini tak hanya berbentuk restoran Korea, tapi juga stall-stall di mall yang menjual cemilan khas Korea.

Salah satunya: es krim Jipangyi. Sudah pernah coba?

Es krim Jipangyi atau biasa juga disebut The Seoul Cane Ice Cream atau Korean Pipe Ice Cream adalah es krim yang memiliki bentuk unik, dengan pegangan es krim (cone) berbentuk seperti tongkat.

Sejarah Es Krim Jipangyi

jipangyi-es-krim-korea
Jipangyi, snack tradisional Korea
Credit: thepomnechy.files.wordpress.com

Di Korea Selatan, Jipangyi awalnya hanya dikenal sebagai cemilan tradisional khas Korea baku jagung. Jipangyi biasa dimakan mirip dengan crackers dan memiliki profil flavor yang hampir mirip dengan sereal puff jagung.
Tren Es Krim Jipangyi mendadak tenar setelah beberapa penjual di kota Insadong, Korea Selatan, mengkombinasikan Jipangyi dengan es krim di dalamnya. Hasilnya, banyak orang tertarik dengan bentuknya yang unik dan out of the box daripada es krim umumnya.

Saking terkenalnya, kini es krim Jipangyi tak hanya dijual di Indonesia saja lho, tapi juga laris manis di Malaysia, Filipina, bahkan Amerika Serikat.

Pembuatan Es Krim Jipangyi

Pembuatan es krim Jipangyi tak semudah es krim biasanya. Cara pembuatan es krim Jipangyi dibagi menjadi tiga: (1) pembuatan cane/tongkat, (2) pembuatan es krim, dan (3) memasukkan es krim ke dalam Jipangyi.

(1) Pembuatan Jipangyi (Cane/Tongkat)

Pembuatan cane dilakukan dengan menggunakan mesin ekstruder. Konsep mesin esktruder sudah pernah dijelaskan PanganPedia di artikel berikut ini.

Dengan mesin ekstruder, hasil cane akan menjadi sangat cepat dan seragam. Sebagai bahan bakunya, digunakan jagung butir. Dimensi Jipangyi, misalnya ukuran panjang, diameter, dan tebal Jipangyi dapat diatur menggunakan mesin ekstruder. Mesin ekstrusi yang digunakan memiliki output khusus membentuk jipangyi.

(2) Pembuatan Es Krim

Setiap perusahaan es krim tentu punya resep rahasia khusus dalam membuat es krim yang lembut. Unuk membuat es krim yang dapat dimasukkan Jipangyi, diperlukan es krim dengan tekstur es yang kecil sehingga lebih lembut dan dapat mengisi seluruh ruang yang ada dalam cane. Komposisi lemak dan bahan-bahan lain sangat penting. Untuk pembuatan es krim lebih lengkap, tunggu artikel kami selanjutnya, ya!

(3) Memasukkan Es Krim ke dalam Jipangyi

Memasukkan es krim membutuhkan trik khusus, Sebuah selang panjang dimasukkan ke dalam Jipangyi, lalu diisi es krim perlahan hingga seluruh es krim masuk ke dalam ruang Jipangyi. Hasilnya, es krim Jipangyi yang lembut dan lezat siap dihidangkan ke konsumen.

 

Sekarang jadi tahu kan cara bikinnya ? 🙂

Leave a Reply