Agar Kolesterol Turun, Makan Gabah Padi Yuk!

0
gabah-padi-makanan-penurun-kolesterol-alami

Panganpedia – Masih muda sudah kolesterol?! Bahaya dong!

Tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi tubuh. Low Density Lipoprotein (LDL) adalah kolesterol jahat, yang bila jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang dapat menyumbat pembulun darah. Kadar kolesterol total yang diharapkan dalam tubuh adalah tidak lebih dari 200 mg/dL, dengan komposisi LDL (kolesterol jahat) < 150 mg/dl.

-iklan inline ya-

Gaya hidup dan pola makan sangat mempengaruhi konsentrasi kolesterol, konsumsi makanan tinggi serat dan rendah lemak terbukti menjaga kolesterol dalam batas normal. Beberapa sumber makanan yang mampu menjaga kolesterol seperti kacang kedelai, ikan salmon, alpukat, bayam dan teh.

Penelitian terakhir dilaporkan bahwa gabah padi mengandung komponen yang ampuh menghambat kolesterol. Komponen glycolipid  yang mengandung gula heksosa, alkohol rantai panjang dan asam lemak rantai panjang. Komponen tersebut dinamakan CERAMIDE. Ceramide adalah hidrokarbon alami dengan 30 komponen karbon organik, berperan penting pada sintesis sterol tanaman khususnya beta sitosterol, stigmasterol and campesterol. Wah, bisa jadi alternatif makanan penurun kolesterol alami, nih!

struktur-ceramide-makanan-penurun-kolesterol-alami
Source: Google Image

Penggunaan ceramide pada makanan masih terbatas, produsen cenderung memakai ceramide untuk bahan kosmetik dan suplemen. Beberapa peneliti sedang mengembangkan “healthy novel food” berbahan ceramide.  Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ceramide, yakni:

  • Menghilangkan lemak pada gabah padi
  • Ekstraksi menggunakan hexane dalam waterbath sehingga mendapatkan bagian soluble dan insoluble
  • Bagian soluble akan menghasilkan asam lemak kasar, squalene dan phytosterol . Bagian insoluble akan di ekstrak lanjut dengan klorofom dan methanol dalam waterbath sehingga mendapatkan bagian soluble dan insoluble 
  • Bagian soluble tahapan diatas akan dievaporasi untuk menghilangkan solvent dan bagian insoluble akan menghasilkan karbohidrat dan protein
  • Bagian soluble tersebut dijernihkan menggunakan jel silika dalam kolom kromatografi
  • Pencarian dan perhitungan ceramide menggunakan Gas Chromatography

Beberapa sumber makanan yang mengandung ceramide adalah gandum, telur, gabah beras cokelat, beet, konjac dan bayam. Hanya 1% dari lemak sumber makanan tersebut (yang mengandung ceramide)  akan terserap usus. Oleh karena itu peneliti berlomba untuk mencari efisiensi dalam mengekstrak ceramide sehingga optimal menurunkan kadar LDL. Gabah padi membantu menurunkan kolesterol karena tipe lemak yang mengandung ceramide dapat mencegah penyerapan LDL saat sintesis lemak tubuh berlangsung.

Tips : memasak menggunakan rice bran oil karena mengandung ceramide 0.7%. Produk olahan bekatul selain tinggi serat juga mengandung ceramide 18%. Konsumsi ceramide harian dianjurkan sebesar 3-4mg.

Salam sehat, bebas kolesterol!

Source:

  1. Supercritical fluid extraction of oil from millet bran
  2. Polar Lipids: Biology, Chemistry and Technology
  3. Ceramide synthesis correlates with the posttranscriptional regulation of the sterol regulatory element binding protein
  4. Targeting lipid biosynthesis and salvage in apicomplexan parasite for improved chemotherapies
  5. Effect of rice bran oil on the blood lipids profiles and insulin resistence in type 2 diabeter patients

Tinggalkan komentar