Peneliti Italia Berhasil Membuat Pasta Kaya Probiotik

2
212
penne pasta probiotik italia

Panganpedia – Pasta merupakan salah satu jenis makanan Italia yang terbuat dari tepung durum yang mengandung protein tinggi. Meskipun protein pada durum ini tinggi, tetapi kandungan glutennya sangat rendah dibandingkan tepung gandum. Kandungan protein tinggi pada tepung durum cocok untuk digunakan sebagai bahan baku pasta, yang dibuat  dengan cara ekstrusi. 

Baru-baru ini, peneliti Italia telah mengembangkan pasta yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai sumber karbohidrat tapi juga baik untuk kesehatan. Mereka membuat pasta kaya akan polifenol dan ditambah dengan probiotik strain Bacillus coagulans. Kandungan polifenol yang tinggi bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti mencegah resiko terjadinya penyakit jantung koroner, diabetes, dan kanker. Click To TweetDalam paper yang diterbitkan di Journal of Cereal Science, probiotik yang ditambahkan pada pasta masih bisa bertahan hidup selama pembuatan dan pemasakan pasta. Sekitar 3,04 milyar CFU (Colony forming Unit) strain masih dapat hidup di tiap 100 gram pasta yang dimasak. Jumlah tersebut dikatakan sudah cukup untuk menjaga benefit probiotik untuk konsumen, karena mengkonsumi 1 milyar CFU B. coagulans sudah mampu memanipulasi mikrobiota dalam usus.

Apa sih fungsi dari B. coagulans tersebut?

Strain B. coagulans dilaporkan mampu memperbaiki gejala yang berkaitan dengan gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus dan gasnya serta meningkatkan respon imun pada tubuh.

Pasta yang belum ada di pasaran ini terbuat dari durum yang kaya akan polifenol dan beta-glucan dari barley, yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan respon glikemik menjadi lebih rendah. Hasilnya, rata-rata Indeks Glikemik (IG) relawan sebesar 59,7 yang dapat dikategorikan sebagai makanan dengan Indeks Glikemik (IG) rendah sampai medium. Makanan dengan IG rendah mampu memperlambat pencernaan sehingga peningkatan kadar gula darah  dan insulin akan terjadi secara perlahan-lahan.

Dengan adanya pasta yang diperkaya probiotik ini, tentu sangat menarik minat masyarakat. Apalagi ditambah dengan ketertarikan akan makanan fungsional yang selain mengenyangkan ,juga mampu memberikan benefit bagi kesehatan.

By the way, Anda berminat untuk membuat mie goreng kaya probiotik?

 

doi:10.1016/j.jcs.2015.07.017

2 COMMENTS

  1. maaf mas, mau tanya. itu penambahan strain bakterinya pada saat pembuatan pastanya atau pemasakan pastanya ya?

Leave a Reply