Ini dia Jenis-jenis Sushi Paling Digemari

0
565
sushi-set-panganpedia

panganpedia – Jepang merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Dunia. Selain karena keindahan alam dan budayanya, Jepang terkenal juga dengan keunikan makanan lokalnya. Berkunjung ke Jepang, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi salah satu makanan khas Jepang. Ya, salah satu makanan Jepang paling favorit adalah Sushi.

Sushi, salah satu menteri perikanan yang di pilih oleh presiden Jokowi di awal pemerintahannya, adalah kuliner jepang terbuat dari nasi yang dikombinasikan dengan ikan laut atau seafood. Sebelum dibentuk menjadi sushi, nasi yang sudah matang dicampur dengan beras cuka atau dalam bahasa Jepang disebut 酢飯 (sumeshi). Nasi dengan beras cuka Ini merupakan sushi yang dibuat dengan gaya Edo, 江戸前寿司 (edomaesushi).

Oh iya, sushi dan sashimi merupakan dua jenis makanan yang berbeda. Jika sushi merupakan nasi dengan beras cuka ditambahkan dengan seafood, maka sashimi adalah seafood mentah yang ditambahi dengan parutan lobak dan daun sisho. Jadi, sebaiknya memahami dulu perbedaan antara sushi dan sashimi.

Jenis sushi bermacam-macam. Bentuk yang berbeda ini tergantung dari cara koki mempersiapkan sushi sebelum disajikan. Biar nggak kuper ketika makan di restoran Jepang, ini dia jenis-jenis sushi paling digemari.

Nigiri Sushi(握り寿司)

Nigiri sushi atau hand-rolled sushi merupakan bentuk paling sederhana dari sushi. Nasi yang telah dikepal ditambahkan seiris seafood mentah diatasnya, seperti salmon, tuna, udang, belut, dan kadang bisa juga seiris daging. Selain hanya bertumpuk seiris daging, bisa juga ditambahkan selapis wasabi diantara nasi dan seafood tersebut.

Maki Sushi(巻き寿司)
Maki Sushi, atau Sushi roll, merupakan jenis sushi yang digulung dengan menggunakan selembar rumput laut kering atau nori. Tipe ini merupakan jenis sushi paling terkenal di restoran Jepang yang modern. Selain itu, pemuda Jepang suka membuat sushi jenis ini ketika mengadakan pesta.

Rumput laut digunakan untuk membungkus nasi dan beberapa bahan lain sesuai selera, dan biasanya terdapat mentimun di dalamnnya. Jenis maki sushi pun ada beberapa macam, seperti futomaki yang berisi sedikitnya 4 jenis bahan dalam sushi, chumaki yang berisi dua sampai tiga bahan dalam nori, hosomaki yang berisi satu jenis bahan (biasanya tuna, mentimun, atau salmon), tamaki yang berbentuk seperti corong (cone), dan uramaki dimana nasi terletak di luar nori.

Chirashi sushi(ちらし寿司)
Chirasi sushi atau flyer sushi (atau scattered sushi), merupakan sushi yang disajikan dalam mangkok dengan irisan-irisan beberapa jenis seafood diatasnya. Disajikan dengan sup miso, menjadikan jenis sushi ini memiliki banyak penggemar. Beberapa nama jenis sushi yang lazim ditemui di restoran antara lain Gomoku chirashi, gomoku sushi, maze sushi, barazushi,dan bara chirashi (五目ちらし 、 五目寿司 、 混ぜ寿司 、ばら寿司 、dan ばらちらし ).

Oshi sushi (押し寿司)
Oshi sushi atau pressed sushi, merupakan salah satu jenis sushi yang dibuat dengan cara menumpuk nasi, ditambahkan seafood diatasnya, dan kemudian dipress dengan alat terbuat dari kayu. Salah satu contoh dari oshi sushi ini adalah saba sushi (鯖寿司), salah satu sushi terkenal dari Kyoto dengan sajian mackarel diatasnya.
Inari sushi (稲荷寿司)
Secara etimologi, inari sushi adalah sushi yang dibungkus dengan tofu goreng. Nasi dengan beras cuka yang dibungkus dengan tofu goreng yang agak manis menjadikan sushi ini favorit bagi para vegetarian. Penulis sering kali makan inari sushi ini, karena memiliki porsi yang relatif lebih besar diantara sushi yang lain. Karena hanya terdiri dari tofu goreng dan nasi bercuka, maka harga sushi ini paling murah dan menjadi favorit para pekerja jepang.

Fusion atau creative atau sosaku sushi (創作寿司)
Jenis ini merupakan kreativitas dari restoran sushi yang ada di seluruh dunia. Pada dasarnya, sushi terdiri dari nasi cuka yang dikepal dengan sajian toping berupa irisan seafood. Namun seiring dengan ketertarikan konsumen dan kreativitas dari para koki, maka muncullah jenis baru dari sushi ini. Penambahan alpukat, penggunaan daging bebek, olesan mayones, sushi panggang, merupakan salah satu contoh aplikasi dari fusion sushi ini. Sushi jenis ini biasanya paling banyak dicari bagi penggemar sushi yang kurang menyukai makanan mentah.

Jenis-jenis sushi yang perlu anda tahu
Jenis-jenis sushi yang perlu anda tahu

Penulis pernah mencoba semua jenis sushi yang ditulis di atas. Jika anda pertama kali mencoba sushi, maka penulis sarankan untuk mencoba fusion atau creative sushi terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, silakan mencoba jenis sushi yang lain. Paling tidak, coba rasakan nigiri sushi yang merupakan bentuk original dari sushi.

Mana jenis sushi favorit anda?

Leave a Reply