Manfaat Oatmeal Tak Hanya Untuk Penderita Jantung

1
426
manfaat-oatmeal

panganpedia – Mendengar kata oatmeal, dalam benak Anda tentu terlintas bahwa makanan produk gandum tersebut hanya dikhususkan untuk para penderita diabetes, kolesterol, serta penyakit jantung. Mengkonsumsi oatmeal memang sangat direkomendasikan oleh praktisi medis dan ahli gizi bagi para penderita diabetes, kolestrol dan penyakit jantung. Namun, bukan berarti bahwa kita sebagai orang yang sehat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya.

Dibuat dari gandum, oatmeal punya banyak serat yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama kemampuannya dalam menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain itu, oatmeal mengandung fosfor, thiamin, magnesium dan protein yang sangat diperlukan tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi sangat bermanfaat dalam menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan mencegah risiko obesitas.

oatmealManfaat baik yang terkandung dalam oatmeal juga tidak main-main, lho. Ini dia manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh, dirangkum dalam panganpedia.

Menurunkan kolesterol

Oatmeal kaya akan serat larut seperti halnya pada apel dan pir. Serat larut tersebut mampu menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein, red.) atau biasa dikenal dengan nama kolesterol jahat. Satu cangkir oatmeal mengandung kurang lebih lima gram serat yang cukup untuk mengurangi kadar kolesterol Anda.

Mengurangi risiko hipertensi

Kandungan serat pada oatmeal tidak hanya menjaga kesehatan jantung, tetapi mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kaya antioksidan

Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu mencegah dan melawan radikal bebas yang menyerang HDL (High Density Lipoprotein, red.) atau yang biasa disebut kolesterol baik.

Mencegah risiko pengembangan diabetes

Selain kaya serat, oatmeal juga mengandung magnesium yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Mengkonsumsi oatmeal setiap hari sangat aman dan disarankan bagi penderita diabetes maupun bagi orang sehat tanpa khawatir risiko terserang penyakit diabetes.

Mencegah obesitas

Serat yang terkandung dalam oatmeal mampu menjaga saluran pencernaan lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama, lho. Serat akan menyebabkan ruah atau meningkatkan viskositas isi perut sehingga perut akan terasa penuh. Hal tersebut dapat mencegah keinginan untuk ngemil camilan manis atau asin yang dapat meningkatkan risiko kegemukan. Oleh sebab itu mengkonsumsi oatmeal sangat disarankan bagi mereka yang ingin melakukan diet penurunan berat badan selain juga menjaga kesehatan.

Jadi, apakah Anda masih ragu mengkonsumi makanan produk gandum kaya serat bermanfaat ini? 🙂

(*) dari berbagai sumber

Leave a Reply